Kamis, 26 Maret 2009

BAB 7 Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja Beserta Fungsi Ikon dan Menunya

A. Manfaat Program Lembar Kerja
Pad semua program aplikasi Microsoft Office terdapat aplikasi spreadsheet, yaitu Microsoft Excel .Microsof Excel dpat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidan, seperti administrasr, akuntasi, perbankan, statistik, bisnis, dan bidang lainnya.
Hal baru yang terdapat dalam Microsoft Excel XP, yaitu sebagai berkut .
1. Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pengguna dapat mengklasifikasikan jenis data dengan warna yang berbeda.
2. Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan Internet.


B. Mengaktifkan Program
Cara untuk mengaktifkan Microsoft Excel melalui tombol start pada taskbar dilakukan dengan mengklik tombol start pada taskbar kemudian pilih All Programs dan Microsoft Excel.


C. Menggunakan Menu pada Microsoft Excel
Cara untuk membuka menu,yaitu dengan menekan tombol Alt + karakter kunci pada keyboard. Karakter kunci merupakan huruf dengan garis bawah pada menu. Selan itu, untuk menggunakan perintah yang terdapat pada baris menu dapat dlakukan dengan menggunakan tombol shortcut (jalan pintas), tombol Ctrl + karakter pada keyboard sesuai dengan yang tertuls di sebelah kanan perintah.
1. Menu File
Menu fle merupakan menu yang berisi perintah-perntah untuk mengolah buku kerja (workbook) Microsoft Excel. Perintah-perintah yang terdapat pada menu File diantaranya New, Open, Close, Save, Save As, Save as web page, Save Workspace, Search, Web Page Preview, Page Setup, Print Area, Print Preview, Prnt, Send To, Properties, Exit .

2. Menu Edit
Menu Edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Perntah yang terdapat pada menu Edit di antaranya, Undo, Cut, Copy, Paste, Delete, Move or Copy Sheet, Delete Sheet.

3. Menu View
Menu View merupakan menu yang berisi perntah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Mcrosoft Excel. Perintah-perintah yang terdapat pada menu View di antaranya, task pane,toolbar, formula, dan status bar, header dan footer.

4. Menu Insert
Menu Insert merupakan suatu menu yang berisi perntah-perntah yang diperlukan untuk melakukan penysipan pada lembar kerja Microsoft Excel, baik berasal dari dalam maupun daril luar lingkungan Microsoft Excel. Perintah yang terdapat pada menu Insert diantaranya Cells, Rows, Columns,Worksheet, Chart, Symbol, Page Break, Function, Name, Comment, Picture, Diagaram, Object, Hyperlink.

5. Menu Format
Menu Format merupkan suatu menu yang beris kumpulan perintah yang diguakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Tedapat SubMenu sbg berikut, Cells, Row, Column, Sheet, AutoFormat, Conditionaal Formatting, Style.

6. Menu Tools
Terdapat SubMenu di antaranya, Spelling, Error Checking, Speech, Share Workbook, Track Changes, Protection, Online Collaboration, Goal Seek, Scenarios, Formula Auditing, Toola on The Web, Macro, Add-Ins, AutoCorrect Optons, Customize, Options.

7. Menu Data
Terdapat Sub Menu yang di anatarnya, Sort, Filter, Form, Subtotals, Validation, Table, Text To Columns, Consolidate, Group and Outline, PivotTable and PivotChart Report, Imprt External Data.

8. Menu Window
Menu Window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif. Tedapat fasilitas menu Window diantaranya New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes.

9. Menu Help
Menu Help merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.

D. Ikon pada Microsoft Excel
Toolbar Standard terdiri atas ikon-ikon yang digunakan untukmembuka dokumen baru, membuka dokumen yang pernah dibuat, sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan perintah lainnya.

Toolbar Formatting terdir atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja.

Tidak ada komentar: