Kamis, 26 Maret 2009

BAB 9 Mengelola dan Mencetak Lembar Kerja

A. Menggunakan Fasilitas Print Preview

Langkah-langkah untuk menampilkan hasil cetakkan di layar monitor.
1. Pilih menu File>>Print Preview atau dengan menekan ikon Preview pada toolbar Standard.
2. Selanjutnya, Microsoft Excel akan menampilkan jendela Preview, di mana pada jendela tersebut ditampilkan hasil cetakkan lembar kerja.

B. Mencetak Lembar Kerja dan Buku Kerja
1)Mencetak Lembar Kerja
o Pilih menu File>>Print, tekan tombol Print pada toolbar Print Preview, atau tekan tombol Ctrl + P pada keyboard.
o Pad kotak dialog Print terdapat beberapa pilhan yang digunakan untuk mengatur pencetakan lembar kerja.
a. Printer, digunakn untuk memnentukan ke mana dokumen akan dicetak.
b. Print range, digunakan untuk menentukan halaman yang akan dicetak.
c. Print what, menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
o Setelah melakukan pengaturan pencetakan lembar kerja, tekan tombol OK.
2)Mencetak ke File
o Buka menu File>>Print
o Tandai kotak Print to file. Selanjutnya, tekan tombol OK.
o Pad kotak dialog Print to File, masukkan nama file pada kotak Output File Name.

C. Mengatur Tata Letak (Layout) Cetakan
1. Mengatur Kertas
o Pilih menu File>>Page Setup yang akan menampilkan kotak dialog Page Setup. Pilih tab Page.
o Pada bagian tab Page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas yang digunakan, yaitu sbg berikut.
a. Orientation
b. Scalling
c. Paper size
d. Print quality
e. First page number

2. Mengatur Margin
o Pilih menu File>>Page setup.
o Pilih tab Margins.
o Selanjutnya, dapat dilakukan pengaturan margin dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia.
a.Top
b.Bottom
c.Left
d. Right
e.Header
f.Footer
g.Center on Page

3. Mengatur Header dan Footer
o Pilih menu File>>Page Setup . Selanjutnya pilih tab Header/Footer.
o Kemudian dapat melakukan pengaturan Header dan Footer dengan memilih isi header dan footer yang tersedia dengan menekan tanda panah paa kotak Header atau Footer.
o Untuk membuat sendiri Header dan Footer dapat dilakukan dengan menekan tombol Custom Header atau Custom Footer.
o Setelah kotak dialog Header dan Footer ditampilkan, isi kotak section dengan teks yang diinginkan.
o Isi header atau footer dapat ditempatakan pada tiga posisi, yaitu posisi kiri(Lift Section), tengah(Center Section), kanan(Right Section),.
o Nomor halaman dari suatu dokumen dapat ditampilkan pada header atau footer.
o Untuk menyisipkan fungsi penempatan nomor halaman, tanggal, dan fungsi lainnya dapat digunakn toolbar yang terdapat pada kotak dialog Header dan Footer.

D. Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja
1. Mengganti Nama Lembar Kerja
o Klik tab lembar kerja yang akan diganti.
o Pilih menu Format>>Sheet>>Rename.
o Ketikan nama baru lembar kerja yang diinginkan.
2. Menyisipkan Lembar Kerja
o Pilih salah satu tab lembar kerja.
o Tekan tombol mouse, di mana posisi penunjuk mouse masih berada.
o Pilih Insert pada pilihan dari menu shortcut yang ditampilkan.
o Pada kotak dialog Insert, pilih Worksheet pada tab General kemudian tekan tombol OK.
o Selanjutnya, tab lembar kerja akan bertambah satu. Lembar kerja yang ditambah akan berada pada posisi di sebelah kiri lembar kerja yang aktif.
o Untukk memindahakan posisi tab dapat dilakukan dengan cara tekan dan tombol kiri mouse pada tab sekian kemudian geser mouse ke sebelah kanan tab.
3. Menyalin Lembar Kerja
4. Memindahkan Lembar Kerja
o Pilih lembar kerja yang akan dipindahkan.
o Pilih menu Edit>>Move or Copy Sheer. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Move or Copy.
o Untuk menentukan lokasi buku kerja di mana akan dipindahkan dapat dipilih pada kotak daftar pilihan To book.
o Pada kotak pilihan Before sheet, pilih lokasi lembar kerja di mana lembar kerja akan dipindahkan.
o Biarkan kotak Create a copy tetap kosong.
5. Menghapus Lembar Kerja
o Piloh tab lembar kerja yang akan dihapus.
o Pilih menu Edit>>Delete Sheet.

Tidak ada komentar: